Saat Bertamu, Salam dan Ketuk Pintu Harus Sampai Keluar Tuan Rumahnya?

1a80c4fab193890f7f9fa0ff2d157acc

Hal yang dianggap sepele, padahal ini termasuk adab bertamu dalam Islam, bahkan tercantum di dalam Al Qur’an dan Al Hadits. Saat bertamu, biasanya yang dilakukan adalah ucapkan salam, ketuk pintu atau pencet bel.

Dalam Islam, ada batasnya untuk berapa kali mengucapkan salam, yaitu 3 kali saja. Kalau 3 kali salam dan tuan rumah tidak juga bukakan pintu, maka adalah lebih baik dan utama, untuk kembali pulang saja dan tak perlu tersinggung atau merasa tidak dihargai kalau tak ada yang membukakan pintu. Kenapa begitu? Insya Allah ada hikmahnya dalam syariat Islam.

Kalau sudah salam 3 kali lalu tak ada yang bukakan pintu, jangan lalu telfon/sms ke tuan rumah, minta dibukakan pintu karena mau bertamu, atau bahkan tanya ke tetangganya, “Ini ada orangnya ngga di rumah?”
Lalu saat tetangga menjawab, “Ada tuh orangnya.” Lekas-lekas lah sang tamu kembali mengucapkan salam dan ketuk pintu lebih keras, pokoknya sampai tuan rumah keluar dari rumah. Astaghfirullah…

Jika kamu tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapatkan izin . Dan jika dikatakan kepadamu, ‘kembali (saja)lah,’ maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. An-Nur:28)

Makna ayat tersebut disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, “Mengapa demikian? Karena meminta izin sebelum masuk rumah itu berkenaan dengan penggunaan hak orang lain. Oleh karena itu, tuan rumah berhak menerima atau menolak tamu.” Syaikh Abdur Rahman bin Nasir As Sa’di dalam Tafsir Al Karimur Rahman menambahkan, “Jika kamu di suruh kembali, maka kembalilah. Jangan memaksa ingin masuk, dan jangan marah. Karena tuan rumah bukan menolak hak yang wajib bagimu wahai tamu, tetapi dia ingin berbuat kebaikan. Terserah dia, karena itu haknya mengizinkan masuk atau tidak. Jangan ada perasaan dan tuduhan bahwa tuan rumah ini angkuh dan sombong sekali.” Oleh karena itu, kelanjutan makna ayat “Kembali itu lebih bersih bagimu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Artinya supaya hendaknya seorang tamu tidak berburuk sangka atau sakit hati kepada tuan rumah jika tidak diizinkan masuk, karena Allah-lah yang Maha Tahu kemaslahatan hamba-Nya. (Majalah Al Furqon).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita, bahwa batasan untuk meminta izin untuk bertamu adalah tiga kali. Sebagaimana dalam sabdanya,

Dari Abu Musa Al-Asy’ary radhiallahu’anhu, dia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Minta izin masuk rumah itu tiga kali, jika diizinkan untuk kamu (masuklah) dan jika tidak maka pulanglah!’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan sekelas Umar bin Khattab, dengan urusan yang sangat penting pun, kalau diucapkan salam 3 kali di depan rumahnya, maka sang tamu yang juga seorang sahabat Rasul, akan memilih untuk pulang karena teringat hadits Rasul SAW.

Dari Abu Said Al-Khudriy RA, ia berkata, “Ketika aku di majelis sahabat Anshar tiba-tiba, datang Abu Musa bagaikan orang ketakutan, lalu berkata, ‘Aku datang ke rumah Umar dan mengetuk tiga kali, tetapi tidak diizinkan (dibukakan) maka aku kembali (pulang). Tiba-tiba Umar memanggil aku kembali dan bertanya, ‘Mengapa engkau kembali?’ Jawabku, ‘Aku telah mengetuk sebanyak tiga kali, dan tidak engkau bukakan pintu, maka aku kembali, sedang Rasulullah bersabda, ‘Jika seorang meminta izin (mengetuk pintu) sampai tiga kali namun tak ada jawaban, hendaklah ia kembali (pulang).’ Khalifah Umar tercengang, sebab ia belum mendengar langsung hadits tersebut dari Rasulullah SAW. Umar pun akhirnya turut ke majelis dan mendapatkan kesaksian dari Ubay bin Ka’ab bahwa dialah yang telah mendengar hadits perihal adab bertamu langsung dari Rasulullah.” (HR. Bukhari Muslim)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s