Memaafkan Itu Berat, Karenanya Besar Pahalanya

bunga-3

Abu Bakar adalah seorang yg sangat pemurah. Suka membantu orang2 miskin. Suatu hari, salah seorang yg termasuk keluarganya yg miskin, Misthah, ikut melakukan fitnah keji terhadap Aisyah, anak Abu Bakar. Setelah Allah SWT menurunkan ayat untuk membersihkan nama Aisyah, maka saat itu pula, dengan marah, Abu Bakar bersumpah tak akan lagi memberi bantuan kepada salah seorang keluarganya itu (yg ternyata miskin) yg ikut2an menyebarkan fitnah itu.

Membayangkan dalam kondisi Abu Bakar, sebenarnya perasaan Abu Bakar ini, manusiawi ya… Bayangkan, orang yg sudah sering dibantu, ternyata malah mengeluarkan fitnah, terlebih kepada anaknya, terlebih lagi kepada ummul mukminin. Tapi ternyata perbuatan Abu Bakar ini ditegur oleh Allah SWT, bahwa ada perbuatan yang lebih baik. Yaitu memaafkan. Supaya Allah SWT juga mengampuni dosa kita. Dan tidak boleh seseorang yg diberi kelebihan dalam hal harta, lalu bersumpah tak akan pernah lagi memberi bantuan kepada orang miskin hanya krn telah berbuat kesalahan, yg sudah menyakiti dirinya, menyakiti anaknya dan terpenting, menyakiti Rasulullah SAW.

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi kepada kaum kerabat, orang-orang miskin dan para Muhajirin pada jalan Allah dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tak ingin Allah mengampuni kamu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS 24: 22)

Pastinya melakukan ini beraaaaat sekaliii. Karena umumnya manusia akan menggunakan kekuatan hartanya untuk menekan orang miskin yg melakukan kesalahan terhadap dirinya, pribadinya, terlebih kepada agamanya. “Cabut aja bantuan untuk dia!” Begitu biasanya ujung2nya. Tapi meski berat diamalkan, ternyata balasannya sebanding: Allah SWT akan mengampuni dosa2 kita, kalau bisa melakukan akhlaq seperti itu. Subhanallah!
Dan Abu Bakar lebih memilih ampunan Allah, lalu memafkan Misthah, dan tetap memberi bantuan kepadanya seperti sedia kala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s