Mau Jago B. Arab? Tinggal Aja di Arab

flower-2

Kata seorang ustadz, metode belajar B. Arab paling ampuh, ya tinggal aja bbrp tahun di Arab 😀

“Bila anda bisa tinggal di negeri Arab sana. Tidak usah lama-lama, cukup 5 tahun saja. Ini sudah terbukti ampuh. Dan boleh dibilang, inilah metode yang paling unggul dari semua metode pengajaran bahasa Arab yang pernah ada di muka bumi.

Di negeri Arab, dimana semua orang memang berkomunikasi dengan bahasa Arab itu. Bahkan meski tidak pakai kursus dan jam pelajaran, bahkan tanpa guru, anak-anak kecil usia 5 tahun di Makkah dan Madinah sudah pada fasih berbahasa Arab.

Karena itulah Al-Akh Dzikrullah, seorang teman wartawan yang juga ikut mengelola redaksi hidayatullah.com nekat mau tinggal di Damaskus, Syiria. Beliau mengatakan kepada kami saat ngobrol di Turki, bahwa anak dan isteri beliau sudah siap dengan passport dan visa untuk tinggal di Syiria setidaknya selama setahun.

Tujuannya, terutama adalah ingin percepatan dalam belajar bahasa Arab sekeluarga. Sebab beliau sudah pernah masuk di berbagai kursus bahasa Arab di Jakarta, dan sebanyak itu pula sudah jadi lulusan mendadak alias DO.

Ketika kami berdua ikut hadir di Turki meliput acara Multaqa untuk Al-Quds Nopember tahun lalu, semangat beliau semakin menjadi-jadi untuk belajar bahasa Arab. Sebab 3000-an hadirin yang ikut dalam pertemuan international itu semua bicara dalam bahasa Arab. Tidak ada yang pakai bahasa Inggris.

Sambil bersungut-sungut dan mengepalkan tangan, beliau bilang, “Pokoknya akhi, ane mau ke Syiria, mau belajar bahasa Arab, Allahu Akbar.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s